INDONESIA as A JILBAB NATION

on Minggu, 30 Oktober 2011
tak salah bila stereotype satu ini disematkan kepada bangsa yang besar lantaran nama besar pahlawan revolusi zaman dahulu. menurut sensus penduduk dunia terakhir, populasi penduduk Indonesia bertengger di posisi emapt dunia, dibawah Cina, India, dan AS. negara yang secara geografis terletak di wilayah asia bagian tenggara serta diapit oleh dua benua besar dunia, Asia dan Oceania serta dua buah samudera terluas dunia yakni Samudera Hindia dan Pasifik membuat posisi Indonesia cukup strategis dijadikan sebagai pusat bisnis dunia.
gaung, selat malaka yang menjadi pintu gerbang perdagangan utama dunia membuat negara ini cukup strategis dalam pengembangan dan investasi modal usaha. 

bcara soal populasi. jangan ditanya. negara yang wilayahnya sebagian besar perairan ini, dihuni hampir 230 juta penduduk. wow ! dengan luas wilayah yang 'hanya' 2 juta kilometer persegi kalkulasi paling realistis adalah setiap 1 meter jengkal tanah Indonesia dihuni 10 orang. 
 selain itu, khasanah budaya indonesia yang begitu kaya turut menambah panjang cerita manis bangsa ini. dari sabang sampai merauke, dari talaud sampai pulau rote ribuan etnis dan suku serta ratusan ras di muka bumi ini mendiami wilayah yang katanya paling subur didunia ini. ratusan etnis tersebut lantas terbagi dalam lima ketegori kepercayaan yang diakui secara konstitutf di Indonesia yakni, Islam, Nasrani, Hindu, Budha dan Konghucu. 


kelima agama tersebut muncul lantaran, secara historis negara ini dimasuki oleh ribuan pedagang dari berbagai ras dan agama yang berbeda. masing-masing dari mereka, tak hanya berdagang melainkan turut pula menyebarkan agama yang mereka anut masing-masing. oleh sebab itulah kenapa, etnisitas dan religiusifis negara ini begitu berwarna. 

nah, bila dikomparasikan diantara kelima agama yang diakui menurut per-UU-an tersebut, maka Islamlah yang menjadi basis agama terbesar di negara ini. predikat sebagai negara dengan mayortas penduduk muslim terbesar di dunia sudah cukup mendindikasikan bahwa hampir 70% lebih masyarakat Indonesia mempercayai agama yang dibawa oleh salah satu manusia paling berpengaruh didunia sepanjang masa menurut majalah TIME, Nabi Muhammad SAW. 
besarnya komuntas muslim di Indonesia ini ternyata membawa dampak berupa proses jlbabisasi. terang saja, dalam Al-Quran dan As-Sunnah yang menjadi sumber hukum utama Hukum Islam mewajibkan setiap wanita muslim untuk menutup aurat mereka. salah satu caranya, ya dengan jilbab. tak pelak, besarnya komunitas muslim negara ini membuat pameo bahwa Indonesia adalah bangsa jilbab adalah sebuah paradigma yang cukup rasional. betapa tdak, hampir setiap jenjang kehidupan masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak hingga nenek-nenek sudah menyertakan rambut mereka dengan tutup kepala khas ISLAM, yakni jilbab.


Satu baris Berjilbab

penulis acap kali menemukan fakta unik seputar judul tulisan ini. suatu ketika, penulis hendak pergi kuliah dengan menggunakan moda transportasi Palembang, Transmusi. seperti biasa, tak ada hal yang menarik perhatian lantaran melihat wanita-wanita tanggung berjilbab. variannya pun tampak biasa, ada yang memakai bentuk jilbab langsung (tanpa bros) ada pula yang memakainya super ribet (harus diputar sana..diputar sini) lalu ada yang memakainya hingga wajahnya tertutup dan besar kemungkinan penulis bakal menemui wanita berjilbab yang menutupi seluruh tubuhnya. 
namun, dari kebiasaan yang sudah menjadi kebudayaan tersebut tanpa disadari penulis bahwa transmusi yang digunakan penulis tak disangka penuh oleh sekumpulan kaum hawa. biasa ? tentu saja. tak ada yang harus dimaknai secara berbeda. mereka cantik, wallahualam. itu relatif. namun, yang paling mengejutkan adalah satu moda transportasi publik milik pemkot palembang tersebut diisi kaum hawa berjilbab. sempat tertawa kecil melihat fakta tersebut secara langsung. sayang, momen langka seperti itu tak sempat diabadikan penulis. 

sontak saja, ketika penulis menoleh kearah samping yang terlihat adalah sekumpulan kaum hawa yang asyik dengan "BB"nya masing-masing namun berjilbab. melihat kearah depan, yang tampak adalah kaum hawa berjilbab yang tengah melamun (entah apa yang jadi objek lamunannya). melongok keujung barisan wanita-wanita yang berdiri lantaran tak ada lagi tempat duduk yang terisisa yang tampak hanyalah wanita-wanita berjilbab.
ternyata eh ternyata.. INDONESIA as a JILBAB NATION !


0 comments:

Follow by Email